Rabu, 20 Juni 2012

PENANGKAL PETIR / ANTI PETIR

Penangkal Petir atau Anti Petir sering kita dengar dan kita anggap dengannya kita aman seratus persen dari bahaya petir.
Bagaimana yang sebenarnya ?
Untuk kita pahami bahwa  pada kenyataannya tidak demikian seperti yang kita anggap .
Bahaya  petir memang dipengaruhi  beberapa faktor sehingga bila kita ingin mencari solusi total akan bahaya petir maka kita harus mempertimbangkan faktor tersebut.
Sambaran petir tidak langsung pada bangunan ( yaitu petir menyambar di luar areal perlindungan dari instalasi penangkal petir yang telah terpasang), kemudian arus petir ini merambat melalui instalasi listrik, kabel data atau apa saja yang mengarah ke bangunan, akhirnya arus petir ini merusak unit peralatan listrik dan elektronik di dalam bangunan tersebut. Masalah ini semakin runyam karena peralatan elektronik menggunakan tegangan kecil, DC yang sangat sensitif.
System pengamanan sambaran petir membuat posisi bangunan kita terhindar dari kerusakan fatal akibat sambaran langsung serta mengurangi dampak kerusakan peralatan listrik dan elektronik bila ada sambaran petir yang mengenai bangunan kita
Mau membuat Penangkal Petir ata Anti Petir ?

CARA PEMASANGAN INSTALASI PENANGKAL PETIR FLASH VECTRON
Secara garis besar, cara pemasangan instalasi penangkal petir/anti petir Flash Vectron sebagai berikut :
1. Pada tahap awal di mulai dengan mengerjakan bagian grounding system terlebih dahulu, dengan pertimbangan keamanan dan kemudahan. Kemudian dilakukan pengukuran resistansi/tahanan tanah menggunakan Earth Testermeter, apabila hasil pengukuran tersebut menunjukan 5 Ohm maka di lakukan pembuatan atau penambahan grounding lagi di sebelahnya dan di pararelkan dengan grounding pertama agar resistansi/tahanan tanahnya menurun sesuai dengan standarnya < 5 Ohm.
2. Setelah selesai membuat grounding, langkah berikutnya adalah memasang kabel penyalur (Down Conductor) dari titik grounding sampai keatas bangunan, tentunya dengan mempertimbangkan jalur kabel yang terdekat dan hindari banyak belokan/tekukkan 90 derajat sehingga kebutuhan material dan kualitas instalasi dapat efektif dan efisien. Kabel penyalur petir yang biasa di gunakan antara lain  NYY , BC (Bare Copper),atau Coaxial. Untuk tempat – tempat tertentu sebaiknya di beri pipa pelindung (Conduite) dengan maksud kerapihan dan keamanan.
3. Selanjutnya pemasangan head terminal petir tentunya harus terhubung dengan kabel penyalur tersebut sampai ke grounding system.
Sudahkah instalasi listrik juga sesuai standar dengan menggunakan arde yang bagus.

2 komentar:

  1. Info yang menarik...blognya juga bagus..plz lihat blog saya juga http://geologisultra.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Kalau kita lihat kenyaannya dimasyarakat, penangkal petir tersebut kadangkala tidak mampu menyerap, atau menampung kekuatan energi petir yang sangat besar.
    http://pemusnapetirterbaik.blogspot.com

    BalasHapus