Rabu, 07 Mei 2014

MENGENALKAN UANG PADA ANAK

Mengajak anak berbelanja tentunya dapat membuat anak cepat mengerti fungsi uang. Namun, boleh jadi anak belum mengerti nilai uang, bagaimana uang tersebut diperoleh, dan bagaimana uang tersebut dipergunakan dengan bijak.

Menurut perencana keuangan, Prita Ghozie, sebaiknya orang tua mengenalkan uang kepada anak sejak balita. Pengenalan uang kepada anak sejak dini dapat membentuk karakter anak untuk mengendalikan diri mereka.

Ketidakpahaman anak akan membuat mereka selalu meminta uang dan meminta barang yang dia inginkan. Selain itu, anak juga belum mengerti antara barang sebagai kebutuhan atau bukan.

Berikut beberapa cara mengenalkan uang kepada anak:
1. Ajarkan anak Anda cara mendapatkan uang
Ajak anak melakukan pekerjaan rumah, seperti menyiram tanaman atau ikut membersihkan rumah. Beri anak Anda imbalan setelah selesai melakukan pekerjaan rumah tersebut. Hal ini dapat memberikan pemahaman terhadap anak bahwa untuk mendapatkan uang, mereka harus berusaha atau bekerja terlebih dahulu.

2. Menabung
Setelah anak mengerti bagaimana cara mendapatkan uang, ajarkan anak Anda menabung. Ajarkan mereka untuk menyimpan uang yang sudah mereka dapatkan di celengan, dompet, atau tabungan. Berikan penjelasan pada si kecil manfaat menabung agar anak Anda mengerti bahwa uang tersebut dapat mereka gunakan saat dibutuhkan.

3. Beramal
Ajarkan anak Anda menyisihkan uangnya sedikit demi sedikit kepada orang yang membutuhkan. Manfaatnya agar anak Anda mengerti bahwa masih banyak orang yang membutuhkan di luar sana, sehingga tidak menghambur-hamburkan uangnya.

4. Membelanjakan uang
Orang tua harus menanamkan pada anak bahwa uang itu ada untuk dibelanjakan, bukan untuk ditimbun. Bagaimanapun juga, uang adalah alat pembayaran yang sah. Tugas orang tua, mengawal anak agar uang memang untuk dibelanjakan untuk hal-hal yang mereka inginkan. Jika ternyata barang yang diinginkan mahal, maka anak harus dapat belajar menahan keinginan dan memahami nilai uang.

Beberapa permainan anak seperti permainan jual-beli dan monopoli dapat membantu mereka memahami nilai uang. Bahkan, di luar negeri dikenal istilah Money Camp, yaitu cara yang menghibur untuk mengajar anak-anak mengenai uang, cara mengelolanya, dan cara menyimpannya.

Nah, semoga dengan uang sejak dini kepada si kecil dapat membuat mereka lebih bijak dalam membelanjakan uang yang mereka miliki. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar