Jumat, 25 April 2014

DURIAN DIBUAT MENJADI TEMPOYAK

Tempoyak merupakan kuliner yang terbuat dari hasil fermentasi daging durian.Agar menghasilkan rasa asam dan aroma yang sangat lezat, proses fermentasi dilakukan selama tiga hingga enam hari. Akan lebih lezat lagi jika bahan dasar yang digunakan adalah bahan daging durian lokal yang bermutu baik dan manis
Cara membuat tempoyak:
Siapkan satu buah durian yang matang, utamakan buah durian lokal  agar dapat menghasilkan rasa yang lezat. Menggunakan durian montong akan menghasilkan tempoyak yang kurang bagus karena terlalu banyak mengandung air dan gas.
Pisahkan daging durian dari bijinya, masukkan sedikit garam untuk memberi rasa asin pada daging durian, tanpa menghilangkan rasa aslinya, kemudian aduk hingga merata, tambahkan sedikit cabai rawit yang sudah dihaluskan, kemudian aduk kembali hingga merata. Selain menambahkan rasa pedas, cabai rawit juga dapat mempercepat proses fermentasi, Setelah selesai,  masukan semua bahan ke dalam tempat lalu tutup rapat. Diamkan selama tiga hingga enam hari. Dan tempoyak siap untuk diolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar