Minggu, 25 Maret 2012

KISI-KISI ULANGAN UMUM KENAIKAN KELAS 2011/2012

KISI-KISI ULANGAN UMUM KENAIKAN KELAS 2011/2012
MATEMATIKA  SMP KELAS VIII (DELAPAN)
NOSTANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR BENTUK SOAL TINGKAT KESUKARAN NO SOAL
PG U MDH SDG SKR
1. Mengidentifikasi lingkaran serta menentukan besaran-besaran yang terkait di dalamnya. Mengenali lingkaran dan bagian-bagian lingkaran Siswa dapat memahami bagian/unsur lingkaran dengan benar (Apotema, tembereng, diameter,pusat lingkaran) V V 1, 2
2. Menghitung besaran-besaran dan bagian-bagian lingkaran Siswa dapat menentukan rumus Keliling lingkaran jika diketahui jari-jari atau diameter lingkaran  V V 3
3 Siswa dapat menentukan luas daerah lingkaran jika diketahui diameternya V V 4
4 Siswa dapat menentukan jari-jari roda yang menempuh jarak x km dan berputar n kali. V V 5
5 Siswa dapat menentukan luas juring lingkaran  V V 6
6 Siswa dapat menentukan jumlah ukuran sudut pusat dengan sudut keliling jika diketahui salah satu sudut kelilingnya V V 7
7 Siswa dapat menentukan luas arsiran jika disajikan persegi dan bagian lingkaran V V 8
8 Siswa dapat menentukan ukuran sudut keliling yang menghadap diameter jika diketahui ukuran sudut keliling yang menghadap busur kecil V V 9
9 Siswa dapat menentukan ukuran sudut keliling jika diketahui ukuran sudut pusatnya (pada segiempat talibusur) V V 10
10 Siswa dapat menghitung panjang busur jika diketahui sudut pusat dan jari-jari. V V 11
11 Siswa dapat menentukan ukuran sudut pada perpotongan tali busur di luar lingkaran V V II.1
12 Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan panjang sabuk lilitan V V II.2
13 Mengenali sifat-sifat garis singgung lingkaran Siswa dapat mengidentifikasi besar sudut  yang dibentuk oleh garis singgung dan jari-jari lingkaran di titik  singgungnya  V V 12
14 Siswa dapat menentukan panjang garis singgung lingkaran yang melalui suatu titik di luar lingkaran V V 13
15 Siswa dapat menentukan kedudukan dua lingkaran V V 14
16 Siswa dapat menentukan rumus panjang garis singgung persekutuan jika diketahui unsur-unsur yang lain (jarak, dan ukuran kedua jari-jarinya V V 15
17 Mengidentifikasi lingkaran serta menentukan besaran-besaran yang terkait didalamnya Siswa dapat menentukan panjang salah satu jari-jari jika diketahui jarak kedua titik pusat, garis singgung persekutuan dalam dan jari-jari yang lainnya V V 16
18 Siswa dapat menentukan panjang jari-jari lingkaran dalam, jika diketahui segitiga siku-siku dan ukurannya V V 17
19 Mengidentifikasi bangun ruang sisi datar serta dapat menentukan besaran-besaran di dalamnya Menjelaskan bagian-bagian kubus dan balok Siswa dapat menyebutkan banyaknya diagonal bidang, diagonal ruang dan bidang diagonal suatu kubus V V 18
20 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas Siswa dapat mengidentifikasi jaring-jaring balok V V 19
21 Menghitung besaran-besaran pada kubus dan balok Siswa dapat menghitung luas permukaan kubus tanpa tutup V V 20
22 Siswa dapat menghitung volume kubus jika luas permukaannya diketahui V V 21
23 Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan volum prisma yag alasnya berbentuk trapesium V V II.3
24 Siswa dapat menghitung panjang diagonal ruang pada balok atau luas bidang diagonal pada balok V V 22
25 Siswa dapat menghitung panjang rusuk kubus jika diketahui volum kubus sama dengan volum sebuah balok V V 23
26 Menghitung besaran-besaran pada prisma dan limas tegak Siswa dapat menentukan banyaknya rusuk prisma segi n beraturan V V 24
27 Siswa dapat menentukan volum prisma yang alasnya jajargenjang V V V 25
28 Siswa dapat menentukan luas prisma yang alasnya segitiga sama sisi V V 26
29 Siswa dapat menentukan panjang maksimal sisa kawat untuk membuat kerangka limas V V 27
30 Siswa dapat menentukan banyaknya rusuk  limas segi n beraturan V V 28
31 Siswa dapat menghitung luas permukaan limas jika diketahui luas  alas dan tinggi limas V V 29
32 Siswa dapat menentukan tinggi limas jika diketahui sisi alas, salah satu diagonal dan volum limas yang alasnya belah ketupat  V V 30
33 Siswa dapat menyelesaikan soal cerita tentang volume balok V V III.4
34 Siswa dapat menyelesaikan luas gabungan prisma dan limas dengan alas sama dengan sisi kubus V V III.5
30 5 10 17 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar